Superbus : Inovasi Super Brilian Dari Belanda !

No comment yet


     
It’s a car! It’s a Train! No, It’s a SUPERBUS! Mungkin reaksi inilah  yang akan muncul dari orang-orang bila melihat Superbus ini melintas di jalan-jalan raya di Belanda. Ngomong-ngomong, apa sih Superbus ini ? Apakah dia ini kendaraan resmi milik tokoh superhero ‘Superman’? 
 
Prototip Superbus




Superbus ini memang sebuah kendaraan, namun bukanlah kendaraan milik tokoh fiksi Superman. Superbus merupakan bis inovatif karya negeri Belanda yang dipersiapkan menjadi salah satu transportasi publik  andalan di tahun 2015 mendatang.






 
Wubbo Ockels
Gagasan Superbus ini pertama kali muncul dari astronot pertama Belanda yang juga pioneer dalam bidang eco-technology,Wubbo Ockels. Di hangar Delft University of Technology's Fakultas Aeronautika, prototip Superbus ini ia kembangkan bersama dengan Insinyur desain asal Italia,  Antonia Terzi  yang juga merupakan mantan Direktur Aerodinamika untuk tim Formula satu, BMW-Sauber.

Meskipun baru didemonstrasikan pada tahun 2009, konsep Superbus sendiri sudah ada sejak 1980-an. Pada saat itu pemerintah Belanda ingin berinvestasi pada proyek pembangunan the Zuiderzee-line, sebuah proyek untuk membangun jalur kereta super cepat yang menghubungkan kota Amsterdam dan kota di utara Groningen. Namun ternyata biaya pembangunan proyek yang sangat besar, membuat proyek ini dikesampingkan. Ockels melihat bahwa proyek ini sangat penting manfaatnya bagi mobilitas masyarakat Belanda. Hal inilah yang memunculkan ide untuk membangun kendaraan Bis super cepat yang dapat menggunakan fasilitas jalan raya yang sudah ada sehingga biaya investasinya lebih murah.

Superbus sendiri menerapkan konsep “Sustainability Mobility”, dimana pengembangan teknologi dan inovasi dibenamkan pada kendaraan Superbus yang dapat melaju hingga kecepatan 250 Km/jam pada infrastruktur jalan raya yang sudah ada saat ini. Dengan panjang 15 meter, Superbus mampu menampung hingga 23 orang penumpang dan didukung dengan 8 pintu dimasing-masing sisinya untuk mempermudah arus kelur-masuk penumpang.
  
Desain Superbus
  Desain dari Superbus sendiri mengambil beberapa tema kunci dalam pengembangannya antara lain :

1.      Safe
Aman karena sistem deteksi hambatan (melalui peralatan radar dan sistem elektronik) didukung kemampuan manuver yang tinggi dan kekuatan pengereman yang baik. Standar keamanan pada kendaraan bermotor pun sudah disematkan pada Superbus.

2.      Flexible
Superbus sangat fleksible mendukung berbagai jenis perjalanan yang dibutuhkan penumpangnya. Kedua kabin interior yang berbeda dirancang untuk orang-orang yang bepergian sendiri atau dalam kelompok.
Superbus juga fleksibel dalam hal rute perjalanan, karena tidak ada rute khusus untuk Superbus sehingga rute dapat disesuaikan dengan rute apa yang disukai oleh penumpang untuk ke tempat tujuannya.
 
3.      Sustainable
Superbus bertenaga listrik dengan menggunakan baterai isi ulang sehingga bebas dari polusi. Karena ringan dan karena konstruksinya yang sangat efisien, Superbus memiliki konsumsi energi yang rendah.

4.      Comfort
Kenyamanan Superbus  dibuat  seakan bepergian dengan sedan mewah. Pengalaman sensasional tidak hanya diwujudkan melalui sensasi kecepatan tinggi,tapi juga didukung desain interior yang ergonomis dan peralatan multimedia pribadi untuk setiap penumpang didalamnya.

                                                  



Meski masih bersifat prototip, Superbus ini sudah mendapatkan banyak peminat dari luar Belanda, salah satunya dari pemerintah Uni Emirat Arab yang ingin menggunakan Superbus ini untuk mengakomodasi mobilitas antara Dubai dan Abu Dhabi. Hal ini  disampaikan saat Superbus dipamerkan pada World Exhibition of the International Association of Public Transport 2011 di Dubai.Satu lagi catatan manis hasil pemikiran brilian dari negeri “Kincir Angin” ini di ranah otomotif.
                      
Superbus saat dipamerkan di Dubai dan dicoba oleh para Sheikh Uni Emirat Arab



                                                                                     
      






Post a Comment

Powered by Blogger.